Jumat, 15 September 2017

Bupati Ponorogo Buka Perayaan Grebeg Suro dan Hari Jadi Ponorogo Ke 521

PONOROGO, lintasdesaku - Selasa malam (12/09/2017) di Panggung Utama Alun-alun kota Ponorogo, secara resmi Perayaan Grebeg Suro dan Hari Jadi Ponorogo 521 dibuka langsung oleh Bupati Ponorogo Drs. H. Ipong Muchlissoni, Perayaan Grebeg Suro tahun ini digabung dengan Peringatan Hari Jadi Ponorogo ke-521.
Sehingga salah satu acara inti yang keduanya juga langsung digabung jadi satu rangkaian, yakni Festival Reog Mini XV dan Festival Nasional Reog Ponorogo XXIV.
Pembukaan acara Grebeg Suro tersebut ditandai dengan Penyerahan Topeng dan Pecut Samandiman kepada tokoh Klono Sewandono, berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya.

Diluar itu, rangkaian acara pendukung pembukaan masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Seperti berbagai pertunjukan yang menghibur masyarakat ponorogo juga pesta kembang api.
Dalam sambutannya, Bupati Ponorogo, Drs. H. Ipong Muchlissoni menjelaskan “Peringatan Grebeg Suro dan Hari Jadi Ponorogo tahun ini sengaja kita jadikan satu. Dengan pemikiran bahwa kedua even akbar itu jarak waktunya berdekatan. Namun demikian kita yakinkan bahwa hal itu tidak mempengaruhi kemeriahan pesta grebeg suro kali ini. Karena tahun ini, yang sudah dilakukan beberapa hari lalu telah kita adakan Parade Reyog Obyog yang diikuti oleh hampir 40 peserta, yang tujuannya untuk mempertemukan dan menyatukan seniman reyog yang ada di ponorogo”.

“Selain itu, festival Reyog Mini dan Festival Nasional Reyog Ponorogo juga masih dilakukan dan dikemas secara baik. Peserta Festival reyog juga meningkat kualitasnya. Peserta dari luar kota juga tetap banyak. Dimana tahun ini peserta Festival Reyog Mini berjumlah 30 peserta dari perwakilan kecamatan dan sekolah setingkat SLTP. Sementara peserta Festival Nasional Reyog Ponorogo, ada sejumlah 26 kontingen. Masing-masing 13 dari Ponorogo dan 13 sisanya dari luar kota,” tambahnya.
Acara tersebut juga di meriahkan dengan pertunjukan tari dan reyog bertema asal muasal terjadinya telaga Ngebel, yang di iringi oleh Karawitan dari SMAN 1 Jetis, ribuan penonton hadir baik dari ponorogo maupun luar ponorogo untuk menyaksikan acara pembukaan Grebeg Suro tersebut. (nur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar